-->

Selasa, 14 Juni 2011

album bintang d surga




1.BINTANG DI SURGA (lagu/lirik ariel)

... Langit bintang menjadi penyambung sebuah perasaan.

Dan di sini jelas penggunaan kata hampa, terasa sepi dan sunyi.

Sangat religius kala menyebut' "...bintang di surga..cahaya nyata..''

Syair yang baik dan penuh metafora. Sebuah harapan bagi kehidupan yang sangat melelahkan...

2.ADA APA DENGANMU (lagu/lirik ariel(

... Dalam syair berperan AKU/KU/KAU/MU & KITA.

(Aku & Kau) & MALAM. Kesalahan 'AKU' tak termaafkan. Masalah yang pelik.

TAK ADA JALAN KELUAR. Perbedaan dalam sebuah rasa, jarak tak kan mungkin disatukan. Lucunya 'AKU MENGADU PADA ALAM ' yaitu 'Malam'

Dan seakan 'malam adalah SEBAGAI PENENGAH, PENOLONG, PENYELAMAT !

Tetap saja 'KAU' nya tak berubah.

Kata AKU/KU digunakan 28 kali. Kata KAU digunakan 8 kali. Kata KITA digunakan 2 kali. Kata MALAM digunakan 5 kali.

Judul lagu 'Ada Apa Dengan Mu' ini disebutkan 5 kali di tengah syair.

Judul pun menjadi dominan sumber masalah inti dari syair ini.

Lagu ini kembali mengharapkan sebuah 'hal' besar bisa sebuah cinta, perasaan, sebuah kepastian yang tak ada jawaban.

Lagu sederhana tapi cukup terasa SEDIH...

3.MUNGKIN NANTI lagu/lirik ariel)


..... Di syair ada AKU & KAU & RASA & WAKTU.

Ini sebuah syair yang sangat " MENYENTUH " Sebuah penyesalan yang datangnya terlambat.

SYAIR tetep yang sedih.

Kalaupun ingin bersama kembali, sudah pasti beda dan tak mungkin.

Karena perasaan sudah tidak ada lagi. Ekstremnya 'hati sudah mati' dan 'tersakiti'

Wah !Pelik juga!

Kata KU imbuhan depan/belakang 9 kali Kata KAU/MU 9 kali Kata KITA 3 kali Kata RASA 6 kali Kata MATI 3 kali......

4.KHAYALAN TINGKAT TINGGI (lagu/lirik ariel)


...Dalam syair ada kata 'KU & NYA'

Syair ini tentang sebuah 'Khayalan'

SIBUK BERANDAI-ANDAI!

Artinya : Syair yang penuh harapan, berharap pada seseorang.

Dan kata KU dipakai 8 kali, dan kata NYA sebanyak 16 kali

Syair positif karena DAYA KHAYAL 100%....

5.DI BELAKANGKU (lagu/lirik ariel)


....Syair dominan menggunakan kata : AKU, KAU & MENUNGGU ' Kisah tentang seorang 'aku' yang menunggu 'kau'

Semua ekspresi DILONTARKAN ABSURD tidak nyata. Misalnya:"...kau peluk aku sebelum 'membunuhku'..."

MEMBUNUH SUDAH PASTI BUKAN DALAM ARTI SEBENARNYA.

Semua ungkapan itu karena 'aku' merasa kecewa, tak ada harapan...Perasaan 'mentok'.

Buntu memang tidak ada jalan keluar lagi.

Digunakan kata 'menunggu', menunggu ku terjatuh'.

Dan menariknya 'aku' mengharapkan 'DIA DIBUNUH SEKALIGUS'.. 'aku' menunggu dia 'mati' di depan 'aku'...


Jadinya terbalik-balik PENGHARAPAN YANG ABSURD. Sementara menunggu mati di depan..terlihat jelas. Sementara juga penasaran ingin tahu apa yang kan dilakukann kelak oleh 'kau' di belakangnya 'aku'.

Artinya 'aku' sudah tidak punya harapan sama sekali. Makanya timbul luapan emosi yang berkata 'asal'...

Keinginan untuk melenyapkan hati rasa dan fisik sekaligus. Seakan semua tidak pernah terjadi.

(SANGAT DARK #$$$%%%%@@@@@)i


6.KUKATAKAN DENGAN INDAH (lagu/lirik ariel)


...Syair banyak menggunakan kata AKU , KAU, HANCUR.

Ungkapan perasaan yang (kembali) 'hampa & hancur-hancuran'.

Syair membeberkan seluruh PERASAAN YANG TERDALAM.

Terkesan seluruh kata tida ada yang positif. Kembali lagi tidak mempunyai harapan. Karena 'Kau' nya telah mengecewakan 'Ku'.

Tetapi 'Ku' masih berusaha beritahu dia tetap memuji 'Kau'.

Namun kisah ini pun berakhir sedih.

Syair sekaligus lagu yang sangat 'dalem' & 'sweet' & 'bagus....


Kata KU 24 kali. Kata KAU/MU 29 kal.i Kata HANCUR (KAN) 11 kali.


7.2 DSD (lagu/lirik ariel)


... Judul 2 DSD ini apa ya ? Singkatankah? Inisial?

Kata yang banyak digunakan AKU, LANGIT & MATI.

Masalah hati bercampur alam.

Syair yang mengungkapkan perasaan yang tidak karuan. Dan alam 'langit' sebagai bala bantuan agar lebih tegar.

Hampir semua kata TERKESAN NEGATIF tapi masih 'AKU' ada rasa keinginan optimis.

(Good lah..!)

Semua 'dilawan'.

Dengan MENATAP LANGIT tak akan mati, menangis, tetap berdiri.

Semua cetusan hati, untuk menguat-nguatkan diri.

(He ..he..he.. syair yang sangat menarik).....


cat tmbh: setelah buku terbit dan edar ada sahabat peterpan yang memberitahukan bahwa : " 2 DSD artinya ... DALAM SATU DUNIA"....

okay okay masuk akal... (rnm)


8.DI ATAS NORMAL (lagu/lirik ariel)


...Dalam syair ada AKU, PIKIRAN, HATI yang BENCI.

Teks yang bermain dengan perkataan yang membentuk sebuah curahan rasa sakit hati kepada hati.

Ketidak mampuan AKU mengontrol hati. AKU yang bingung. Entah apa yang dicari ?

Sebuah HATIi ? HATI yang benci pula.

Apa maksudnya ? Kenapa si 'AKU' sangat merasa penting untuk MENCARI SESUATU YANG TAK MUNGKIN ?

Judul lagu "Di Atas Normal' sangat tepat. Karena arti seluruh teks menunjukkan perasaan, pikiran, yang tidak bisa dipahami. Jadi, memang enggak normal aja.

(Kadang hal ini memang terjadi juga pada diri kita. Coba deh ingat-ingat..!)

Syair yang 'KELAM' & KEPUTUSASAAN !...

9."AKU" (lagu andika/lirik ariel)

... Berisi syair dengan kata dan kata.

AKU & ANGIN UTARA.

'AKU' mohon pertolongan pada alam ANGIN UTARA.

Ungkapan sebuah harapan besar pada hal besar DALAM JIWA YANG TAK BISA DIBEBERKAN melalui kata-kata 'normal' atau 'biasa'.

Memang seluruh teks tentang AKU, DIRI SENDIRI yang butuh pertolongan, pegangan, sebuah keyakinan.

Syair yang menggunakan kata tidak riil, tidak langsung. Kecemasan seorang AKU yang berusaha yakin, tapi terbentur pada jiwanya yang rada-rada.

Tapi dalam TEKS BANYAK MENGGUNAKAN KATA POSITIF . Misalnya"..' tetap iringi langkahku.. tetap berdiri.. hatiku.. dst"

Banyak hal positif walau hasil akhir terksesan tetap syair yang sunyi....


"MENUNGGUMU" (lagu/lirik ariel) (feat Chrisye)

... SEBUAH KERINDUAN 'AKU' yang menunggu. FULL cinta dalam syair ini.

Penjabaran 'rasa' yang cukup rapih. Sangat bisa langsung kita pahami.

Sebuah penantian penuh 'ingin' dan yakin !.

Dan plus aransemen yang beda menurutku.

Ada 'cengkok' beda dibeberapa kata.

Nyaris ke arah irama Melayu.

Sangat spesial.

Apalagi memang di sini masuk Chrisye yang pas banget vokalnya untuk lagu ini.


Aku/Ku 23 kali Mu 14 kali...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar